Dansektor 3 Satgas Citarum Harum optimis benahi ekosistem

Dansektor 3 Satgas Citarum Harum optimis benahi ekosistem

 

MediaXpresi !

Kegiatan terbaru dari Dansektor 3 Satgas Citarum Harum, Kol. Inf. Parulian Marpaung S,Sos.M.M, pada Selasa, 14 Januari 2020 via kesatuannya di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, subsektor 2 di Kampung Salakaso RT 14 RW 04 Desa Mandalajati, serta subsektor 4 di Kampung Cinunuk RT 05 RW 05 Desa Tanjungwangi, melaksanakan pembersihan dan kurve di sungai di daerah ini.

“Ini kami lakukan secara berkelanjutan, demi memberi contoh nyata ke warga yang tinggal di bantaran sungai.

Tentu, dalam kaitan mensukseskan visi dan misi Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang ‘Revitalisasi DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum,” kata Dansektor 3 Satgas Citarum Harum.

Diketahui, bantaran sungai termasuk anak sungai maupun cicit (Sub DAS) Citarum, sejatinya telah digarap intensif oleh TNI dan warga setempat sejak awal tahun 2017. “Nah, pada awal tahun 2020 ini, sudah masuk ke awal musim hujan intensitasnya ditingkatkan lagi,” tambah Parulian Marpaung yang dikenal sejak sebelum program Citarum Harum ini diaplikasikan, sempat mensurvey dari hulu hingga hilir DAS Citarum. “Kala (2017-an) itu atas arahan Pangdam III Siiwangi Letjen TNI Doni Monardo, menelusuri sungai Citarum dan bantarannya untuk mengetahui kondisi ‘sakitnya’ termasuk bagaimana mengobatinya seperti sekarang sedang dilakukan.”

Sementara bagi Peltu Agus ‘pegendali tugas’ di Subsektor 2, dan rekannya Sertu Heru ‘pengendali tugas’ di Subsektor 4, upaya pembersihan bantaran dengan membabat rumput liar, mengangkut sampah ke daratan dari masing-masing sungai sepanjang 200 – 300 meter bersama warga setempat yang tergabung pada kelompok ‘Gober’ (Gotong Royong Bersama) pada hari itu, merupakan tugas rutin hariannya.

“Ini salah satu tugas kami membersihkan bantaran sungai ini secara fisik.

Lainnya tentu merangkai kembali ekosistem yang sudah hilang dan rusak di daerah kami bertugas,” tutur Pelu Agus yang diamini Sertu Heru.

Pada pihak kesempatan terpisah, Dansektor 3 Satgas Citarum Harum, memaparkan secercah rasa optimism diengah mengemban tugas ini: “Saya melihat, warga di Kecamatan Pacet khususnya, dalam beberapa bulan terakhir ini, mulai melakukan perubahan, salah satunya di bidang lingkungan hidup,” terangnya dengan menekankan –“Di beberapa sudut yang tadinya sampah sering menumpuk, kini berangsur hilang dan lebih tertata. Harapannya, kebiasaan baik ini terus ditingkatkan.” (Harri Safiari & Deetje)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *