Yuu… kunjungi Museum Polri melalui Gadget

Yuu… kunjungi Museum Polri melalui Gadget

MediaXpresi !

 

Museum Polri kini hadir dalam bentuk digital, dimana pengunjung museum tidak harus hadir secara fisik di lokasi atau cukup keluarkan gadget dan masuk ke www.museumpolri.org.

Inovasi Polri itu tidak terlepas dari keinginan tetap melayani masyarakat di tengah pandemi virus corona yang mengharuskan tetap di rumah dan menerapkan protokol kesehatan.

Untuk diketahui, pada 31 Maret 2020 lalu pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan tersebut tertuang dalam PP No 21 Tahun 2020.

Kebijakan tersebut sebagai respon permerintah terhadap wabah virus corona yang meluas. Dengan PSBB pemerintah daerah bisa membatasi pergerakan orang maupun barang yang masuk dan keluar dari daerah masing-masing.

Adapun pembatasan tersebut, yakni meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah, bekerja di rumah, membatasi kegiatan keagamaan dan/atau pembatasan kegiatan di fasilitas umum, termasuk kunjungan ke museum.

Atas kondisi tersebut, Pusjarah Polri yang salah satu tugasnya mengelola museum Polri berupaya mencari terobosan-terobosan agar museum Polri tetap bisa dinikmati masyarakat umum.

Bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli 2020 lalu, inovasi baru agar masyarakat bisa menikmati koleksi di Museum Polri pun muncul.

Salah satunya adalah situs www.museumpolri.org. Website ini menjadi solusi agar masyarakat tetap bisa menikmti koleksi museum Polri tanpa harus datang ke museum.

Selain aksesnya cepat, pengunjung pun bisa langsung mengelilingi museum secara virtual, sebab di menu utama website itu terdapat Virtual Tour Museum Polri untuk memudahkan pengakses.

Kapan pun di mana pun masyarakat bisa melihat-lihat koleksi di Museum Polri hanya dengan menggerakkan jemari ke gadget atau perangkat lainnya yang bisa mengakses internet.

Semakin kencang sinyalnya, semakin nyaman pula mengakses dan menikmati virtual tour di Museum Polri Jakarta.
Meski hanya melihat sepintas, website Museum Polri ini sangat menarik, terlebih di dalamnya menampilkan berbagai informasi yang dikemas dengan tampilan simple dan mudah diakses.

Di area header terdapat lima slide yang bergantian menampilkan berbagai informasi mengenai Museum Polri.

“Jika diklik salah satunya, pengunjung akan dibawa dengan cepat ke halaman yang diinginkan,” kata Kombes Pol Frenky Yusandhy

Saat masuk di halaman pertama, pengunjung disambut hangat dengan ucapan ‘Selamat Datang’ yang dipadu dengan foto Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri Brigjen Apriastini Baktibugiansri K yang ramah.

Di slide berikutnya pengunjung disediakan informasi keberadaan Theater Museum Polri yang dilengkapi teknologi terkini. Di sana para pengunjung akan mendapat pengalaman menakjubkan.

Untuk masuk ke menu Virtual Tour, pengunjung bisa mengakses melalui deretan daftar menu di pojok kiri atas atau langsung di bagian paling bawah dari halaman utama.

Selanjutnya akan muncul bagan ‘panduan’, serta tulisan ‘jelajahi sekarang’. Hanya dengan sentuhan satu jari pengunjung akan dibawa menelusuri setiap sudut museum hingga 360 derajat, bahkan bisa melihat koleksi di dalamnya layaknya kita sedang berjalan di dalam museum.

“Tidak semua museum memiliki layanan virtual tour semacam ini,” kata dia.

Mau dilihat dipikir dulu atau sudah nggak sabar pengen tour, langsung saja nyalain gadget anda dan mulai kelilingi museum Polri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *